(PDF) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads


PTK BAHASA INDONESIA SD UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas III SD Negeri Lokait dapat meningkat melalui media gambar? Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penggunaan media gambar. II. METODE PENELITIAN Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Lokait, Jln.


Upaya Meningkatkan RASA Ingin TAHU DAN Prestasi Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Melalui

kemaksiatan dan kesesatan"1. Nabi menyatakan tentang pentingnya belajar al-Qur'an dalam hadits : "Sebaik-baik kamu adalah mempelajari mengajarkannya" (HR. Bukhari Muslim)2. al-Qur'an. dan. Sedangkan ayat yang menerangkan tentang baca tulis al-qur'an. diantaranya adalah surat al-Alaq ayat 1-5, yang berbunyi:


(PDF) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn melalui Penggunaan Media Edmodo pada Siswa Sekolah Dasar

meningkatkan hasil belajar PPKn melalui media papan pintar pancasila pada siswa kelas II di SD Negeri 2 Payaman. Manfaat yang dapat dikontribusikan melalui penelitian tindakan kelas ini


(PDF) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA KOMPETENSI

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI semester I.


(PDF) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Utami (2020) mengungkapkan bahwa media gambar dapat meningkatkan 58% hasil belajar siswa. Selain itu, media gambar juga memengaruhi minat siswa dalam.


PTK GURU PKN SMK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran PPKN Materi Arti Gambar Lambang Negara Melalui Model Pembelajaran "Picture and Picture" Pada Siswa Kelas III Liyana Witriyastuti Universitas Sebelas Maret [email protected] Article History accepted 30/07/2022 approved 30/08/2022 published 30/09/2022 Abstract


(PDF) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran DI (Direct Instruction

Menurut (Kurniawan & Wuryandani, 2017) mengatakan terdapat pengaruh yang signifikan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.


Contoh PTK Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui

dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 4 Karangduwur Petanahan Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Model CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal itu terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan siswa terlihat cenderung kurang aktif karena pembelajaran terpusat pada guru.


PTK GURU PKN SD UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA MELALUI METODE

keseluruhan rata-rata kelas menjadi 7,50; Upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar atau foto. Saran sebagai berikut : Guru dalam setiap pembelajaran sejarah yang dilakukannya perlu mempersiapkan media yang digunakan untuk menjadikan pembelajaran sejarah lebih mudah dipahami


(PDF) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Untuk mencapai tujuan PKn tersebut, maka guru berupaya melalui kualitas pembelajaran yang dikelolanya, upaya ini bisa dicapai jika siswa mau belajar. Dalam belajar inilah guru berusaha mengarahkan dan membentuk sikap serta perilaku siswa sebagaimana yang dikehendaki dalam pembelajaran PKn.


PTK, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Geometri Melalui Media Gambar Siswa Kelas VI SDN 4 Jaar

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Belajar Kerja Sama Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SDN Pangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.


(PDF) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAP DI KELAS V SD

bahwa penerapan media gambar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SDN TOU meningkat dan memdapatkan hasil yang sangat baik. Bagi para guru agar lebih meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media gambar agar hasil belajar meningkat menjadi lebih baik.


(PDF) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar

digunakan dalam pembelajaran PKn SD adalah media cerita, media gambar dan pengalaman anak sendiri. Tindakan perbaikan yang kamu lakukan untuk meningkatkan prestasi pemahaman belajar PKn adalah dengan bermain diharapkan siswa memperoleh pengalaman secara langsung (Prihastin, 2016). Sehingga akan merasa sangat menyenangkan dan lebih aktif


(PDF) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS III SDN

Abstract. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pendekatan apresiasi dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn pada peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan.


(PDF) Upaya Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar IPS Melalui Strategi Inside

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN. Oleh Restu Wijayanti NIM 12108244025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraansiswa kelas IV SD Negeri 1 Digal Wonogiri menggunakan model. Gambar 6. Histogrm Daftar Hasil Belajar PKn Siklus II. 75 Gambar 7. Daftar Hasil Belajar PKn.


(PDF) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD

Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Pkn Siswa pada Materi Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara melalui Model Pembelajaran Inquiry Jayadi1*, Purwani Puji Utami2, Syamzah Ayuningrum2 1SMP Islam Ar-Ridho Citeureup 2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Kusuma Negara, Indonesia *[email protected] Abstrak