(DOC) BAB II KAJIAN PUSTAKA Sormaida Siahaan Academia.edu


BAB 2 KAJIAN PUSTAKA 2.1 Sistem Temukembali Informasi file7 BAB 2 KAJIAN PUSTAKA 2.1 Sistem

2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Hasil belajar sebagai salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar itu sendiri. Sugihartono, dkk. (2007: 76-77), menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, sebagai berikut: a.


9. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA PDF

2. Oleh sebab itu penggunaan media gambar sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin baik penggunaan media gambar yang dilakukan dan digunakan oleh guru maka akan semakin baik pula hasil yang akan diraih oleh suatu lembaga pendidikan. Pembelajaran dengan . menggunakan media gambar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa . 3.


(DOC) BAB II KAJIAN PUSTAKA Sormaida Siahaan Academia.edu

7. BAB II KAJIAN PUSTAKA A. KAJIAN TEORI 1. Hakikat Peningkatan Dalam suatu pembelajaran tentu memiliki tujuan yaitu agar materi yang disampaikan bisa dimengerti, difahami dan dilaksanakan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Upaya yang dilakukan dengan berbagai cara supaya siswa dapat melakukan kegiatan sehingga akan mengalami.


(PDF) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI TENTANG HARI AKHIR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

BAB 2 TINJAUAN TEORITIS 2.1 Kajian Pustaka 2.1.1 Hasil Belajar Definisi hasil belajar telah banyak dikemukakan oleh para ahli, mulai dari yang terdahulu sampai terbaru. Salah satunya adalah Sudjana (2016:22) "Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya".


7 BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Kajian Teori dan Penelitian Relevan 1

BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Konsep Hasil Belajar Menurut Winkel, Purwanto, (2016:45) Hasil belajar adalah perubahan yang mengakbatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Aspek (Winkel, purwanto, 2016:45).perubahan itu mengacu kepada tsksonomi tujuan. Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Tari Kelompok


BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN

A. Belajar, Hasil Belajar, dan Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar 1. Pengertian Belajar Belajar merupakan suatu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Menurut Sagala (2011: 11) pada buku Konsep dan Makna Pembelajaran, Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenaan dengan


Bab 2 Kajian Pustaka PDF

2.3 Konsep Hasil Belajar Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan pisikomotorik. Nana Sudjana (2016: 3). Hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak.


(PDF) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Ular Tangga Materi Jenis Sudut

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA TEORITIS, DAN HIPOTESIS 2.1 Tinjauan Pustaka 2.1.1 Konsep Hasil Belajar 2.1.1.1 Pengertian Belajar Beberapa ahli mengemukakan pengertian belajar, menurut Kyndt et al. (2016, hlm. 3) menyatakan bahwa belajar mengacu kepada suatu kegiatan yang terstruktur dalam ruang waktu, tujuan, dan dukungan.


bab 2 kajian pustaka, kerangka pemikiran, dan

KAJIAN PUSTAKA A. Hakikat Belajar dan Hasil Belajar 1. Pengertian Belajar. media yang ada di sekitar peserta didik. g. Peserta didik aktif artinya pembelajaran lebih banyak melibatkan aktivitas. menganalisis dan menyajikan hasil dalam tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, dan karya lain; serta mengkomunikasikan atau menyajika hasilnya.


04. BAB II Kajian Teori

KAJIAN PUSTAKA 2.1 Konsep Hasil Belajar Hasil belajar adalah perwujudan perilaku belajar yang biasanya terlihat dalam perubahan, kebiasaan, keterampilan, sikap, pengamatan, dan kemampuan. Keberhasilan seseorang di dalam mengikuti proses pembelajaran pada satu jenjang pendidikan tertentu dapat dilihat dari hasil belajar itu sendiri.


(PDF) PENTINGNYA UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH MENGGUNAKAN MEDIA

KAJIAN PUSTAKA . A. Tinjauan tentang Hasil Belajar . 1. Definisi Belajar .. 2. Faktor yang Mempengaruhi Belajar . Hasil belajar setiap individu dipengaruhi oleh belajar siswa. Muhabbibin Syah (2003: 144) menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi. media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. e. Memiliki sikap menghargai kegunaan.


7 BAB 2 KAJIAN PUSTAKA 2.1. Penelitian Sebelumnya

BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Konsep Peningkatan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:1470) peningkatan adalah proses, cara atau perbuatan meningkatkan (usaha, kegiatan, dsb). Peningkatan adalah proses, cara, perbuatan untuk menaikkan sesuatu atau usaha kegiatan untuk. 2.2 Konsep Hasil Belajar Mulyono Abdurrahman (2009:38) Hasil Belajar adalah.


9 BAB 2 KAJIAN PUSTAKA 2.1 Penelitian

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2 (1):104-109. DOI: 10.31004/jpdk.v1i2.607. License.


(PDF) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran TGT

BAB II . KAJIAN PUSTAKA . A. Deskripsi Teori 1. Hasil Belajar . Hasil belajar sangat berkaitan dengan pencapaian dalam memperoleh kemampuan sesuai dengan tujuan khusus yang direncanakan. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya (Nana Sudjana, 2011: 22).


BAB 2 KAJIAN PUSTAKA Penelitian Sebelumnya ( State of the Art

BAB II KAJIAN PUSTAKA. 2.1. Kajian Teori 2.1.1. Pembelajaran IPA 2.1.1.1. Belajar. Belajar merupakan perubahan yang terjadi melului aktivitas atau pengalaman yang. menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi yang bersifat permanen. Dan perubahan itu bisa mengarah pada tingkah lakuyang lebih baik, akan tetapi juga ada kemungkinan.


BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Hasilhasil penelitian terdahulu yang

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Kajian Teori Hasil Belajar 1. Belajar Oemar Hamalik (2001 : 27 ) mengemukakan pengertian belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Slameto (2003 : 2) berpendapat bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan